RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I. Identitas
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu
Kelas / Semester : V / I
Pertemuan : .......X Pertemuan
Alokasi Waktu : .......X 35 Menit
Standar Kopetensi : Mengenal Panca Yadnya
Kopetensi Dasar :
1. Menguraikan pengertian Yadnya
2. Menyebutkan jenis-jenis Panca Yadnya
3. Menerapkan Panca Yadnya dalam kehidupan
sehari-hari
Indikator :
Ø Menjelaskan pengertian Yadnya
Ø Menyebutkan jenis-jenis Yadnya ( Panca Yadnya )
Ø Menyebutkan contoh masing-masing Yadnya
Ø Menyebutkan bentuk-bentuk Yadnya
Ø Menyebutkan tujuan Yadnya sesuai dengan jenisnya
Ø Mengaplikasikan pelaksanaan Yadnya dalam kehidupan
Tujuan Pembelajaran :
Ø Siswa mampu menguraikan arti Panca Yadnya
Ø Siswa mampu menyebutkan bagian-bagian Panca Yadnya
Ø Siswa mampu menerapkan Panca Yadnya dalam kehidupan sehari-hari
II. Materi Ajar :
Ø Pengertian Yadnya
Ø Jenis-jenis Yadnya ( Panca Yadnya )
Ø Bentuk-bentuk Yadnya
Ø Tujuan Yadnya
III. Metode Pembelajaran :
Ø PAIKEM
Ø Penugasan
Ø Observasi
Ø CTL
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal :
Ø Guru mengucapkan salam panganjali Om Swastyastu , serta melakukan apersepsi dilanjutkan bertanya kepada siswa untuk mengantarkan ke materi
B. Kegiatan Inti :
Ø Siswa dengan bimbingan guru menyebutkan pengertian dari Yadnya serta menyebutkan Tri Rna sebagai penyebab kita melakukan Yadnya
Ø Siswa menyebutkan bagian-bagian dari Panca Yadnya yaitu :
1. Dewa Yadnya : Persembahan kepada
para Dewa / Tuhan
2. Rsi Yadnya : Persembahan untuk
para Rsi / Guru
3. Pitra Yadnya : Persembahan kepada
para leluhur / orang
tua
4. Manusa Yadnya : Persembahan kepada
sesama manusia
5. Bhuta Yadnya : Persembahan untuk
para Bhuta kala /
mahluk bawahan
Ø Siswa menyebutkan bentuk-bentuk panca Yadnya dalam kehidupan sehari-hari
Ø Siswa menyebutkan contoh-contoh Panca Yadnya
Ø Siswa menyebutkan tujuan dari masing-masing Yadnya
C. Kegiatan Akhir :
Ø Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran
Ø Guru mengadakan remidi bila perlu
Ø Guru memberi tugas PR
V. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Ø Buku Reprensi
Ø Diktat Agama Hindu
Ø Lingkungan sekitar
Ø Gambar
VI. Penilaian :
Ø Tes tertulis / tes lisan
( kognitif )
Ø Penilaian sikap ( afektif )
Ø Penugasan / produk
( Psikomotor )
VII. Lampiran Penilaian :
A. Lembar Soal : Tes Lisan / Tulis
1. Mengapa kita melakukan Yadnya ?
2. Sebutkan contoh Pitra Yadnya dalam kehidupan sehari-hari
3. Melakukan Donor darah adalah salah satu aplikasi
pelaksanaan Yadnya ?
4. Cara membayar hutang kepada para Dewa dapat dilakukan
dengan ?
5. Sebutkan satu contoh Yadnya yang bertujuan untuk
membayar hutang kepada orang tua ?
6. ..............................................dst.
B. Penugasan / Produk / Proyek
1. Buatlah dalam bentuk tabel cara membayar Tri Rna ?
2. ......................................dst
Mengetahui
Kepala SDN 2 Sesaot Guru Agama Hindu
HJ SUDARMIN SEIAH I GEDE TIN PURNAWA S.Pd.H
Nip.195112311981122003 Nip. -
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I. Identitas
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu
Kelas / Semester : V / I
Pertemuan : .......X Pertemuan
Alokasi Waktu : .......X 35 Menit
Standar Kopetensi : Mengenal Tri Sarira
Kopetensi Dasar :
1. Menguraikan arti Tri Sarira
2. Menyebutkan bagian-bagian Tri Sarira
3. Mengenal fungsi Tri Sarira
Indikator :
Ø Menjelaskan pengertian Tri Sarira
Ø Menyebutkan bagian-bagian Tri Sarira ( Stula sarira , Sukma sarira dan Anta Karana sarira )
Ø Menyebutkan bagian Stula sarira berwujud Panca Budhindrya dan Panca Karmendrya )
Ø Menyebutkan bagian-bagian Panca Budhindrya
Ø Menyebutkan bagian-bagian panca Karmendrya
Tujuan Pembelajaran :
Ø Siswa mampu menguraikan arti Tri Sarira
Ø Siswa mampu menyebutkan bagian-bagian Tri Sarira
Ø Siswa mampu mengenal fungsi Tri Sarira
II. Materi Ajar :
Ø Pengertian Tri Sarira
Ø Bagian-bagian Tri Sarira
Ø Panca Budhindrya
Ø Panca Karmendrya
III. Metode Pembelajaran :
Ø PAIKEM
Ø Penugasan
Ø Observasi
Ø CTL
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal :
Ø Guru mengucapkan salam panganjali Om Swastyastu , serta melakukan apersepsi dilanjutkan bertanya kepada siswa untuk mengantarkan ke materi
B. Kegiatan Inti :
Ø Siswa dengan bimbingan guru menyebutkan pengertian dari Tri Sarira . Tri Sarira artinya tiga lapisan badan manusia yang masing-masing berbeda kualitas .
Ø Siswa menyebutkan bagian-bagian dari Tri Sarira yaitu :
1. Stula Sarira : badan kasar
2. sukma Sarira : badan halus
3. Anta Karana Sarira : jiwa / atma
Ø Siswa menyebutkan Unsur pembentuk Stula Sarira
Ø Siswa menyebutkan unsur pembentuk sukma sarira
Ø Siswa menyebutkan unsur pembentuk antakarana sarira pada tubuh manusia
Ø Siswa dengan bimbingan guru menyebutkan bagian-bagian dari panca budhindrya dan panca karmendrya , serta contoh masing-masing bagian
Ø Siswa membuat table bagian dari panca Budhindrya dan panca karmendrya untuk mempermudah menghafal
C. Kegiatan Akhir :
Ø Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran sehngga dapat memahami tentang Tri Sarira
Ø Guru mengadakan remidi bila perlu
Ø Guru memberi tugas PR
V. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Ø Buku Reprensi
Ø Diktat Agama Hindu
Ø Lingkungan sekitar
Ø Gambar
VI. Penilaian :
Ø Tes tertulis / tes lisan
( kognitif )
Ø Penilaian sikap ( afektif )
Ø Penugasan / produk
( Psikomotor )
VII. Lampiran Penilaian :
A. Lembar Soal : Tes Lisan / Tulis
1. Apakah arti Tri Sarira ?
2. Sebutkan bagian-bagian Tri Sarira ?
3. Atma yang terdapat pada tumbu-tumbuhan disebut ?
4. Lima indra penilai disebut ?
5. Kaki bisa bergerak karena ada yang menggerakkan yaitu ?
6. Kulit bisa merasakan sentuhan karena adanya benih zat / Panca Tan Mantra yaitu ?
7. .........................dst.
B. Penugasan / Produk / Proyek
1. Hafalkan ke depan kelas bagian dari Panca Karmrndrya dan Panca Budhindrya ( dalam waktu 1 minggu )
2. .............................dst.
Mengetahui
Kepala SDN 2 Sesaot Guru Agama Hindu
HJ SUDARMIN SEIAHATI I GEDE TIN PURNAWA S.Pd.H
Nip.195112311981122003 Nip. -
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I. Identitas
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu
Kelas / Semester : V / I
Pertemuan : .......X Pertemuan
Alokasi Waktu : .......X 35 Menit
Standar Kopetensi : Mengenal Sejarah Perkembangan Agama Hindu
sebelum Kemerdekaan
Kopetensi Dasar :
1. Mengenal kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia
sebelum kemerdekaan
2. Menyebutkan peninggalan-peninggalan kerajaan
Hindu di Indonesia sebelum kemerdekaan
3. Mengunjungi peninggalan-peninggalan Kerajaan
Hindu setempat dan daerah lain
Indikator :
Ø Menyebutkan kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia
Ø Menyebutkan peninggalan-peninggalan kerajaan Hindu di Indonesia sebelum kemerdekaan
Ø Mengenal peninggalan-peninggalan kerajaan Hindu setempat dan di wilayah lain
Tujuan Pembelajaran :
Ø Siswa mampu menyebutkan kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia senelum kemerdekaan
Ø Siswa mampu menyebutkan peninggalan-peninggalan kerajaan Hindu di Indonesia sebelum kemerdekaan
Ø Siswa dapat mengunjungi penbinggalan-peninggalan kerajaan setempat dan wilayah lain
II. Materi Ajar :
Ø Kerajaan-kerajaan Hindu sebelumIndonesia merdeka
Ø Peninggalan-peninggalan kerajaan Hindu di Indonesia sebelum merdeka
Ø Berkunjung ke tempat peninggalan-peninggalan kerajaan setempat dan wilayah lain
III. Metode Pembelajaran :
Ø PAIKEM
Ø Penugasan
Ø Observasi
Ø CTL
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal :
Ø Guru mengucapkan salam panganjali Om Swastyastu , serta melakukan apersepsi dilanjutkan bertanya kepada siswa untuk mengantarkan ke materi
B. Kegiatan Inti :
Ø Guru menceritakan masuknya agama Hindu ke Indonesia serta menyebutkan peninggalannya di Indonesia
Ø Siswa menyimak cerita guru serta mencatat hal-hal yang di anggap perlu
Ø Siswa membuat rangkuman tentang kerajaan-kerajaan Hindu dengan pninggalannya di Indonesia ( mulai dari kerajaan kutai sampai Bali lengkap dengan nama raja , prasasti dan yang lain )
Ø Siswa menyebutkan cara menghargai serta melestarikan benda-benda peninggalan agama Hindu yang ada di sekitar .
Ø Siswa mendiskripsikan masuknya agama Hindu ke Indonesia dengan bukti sejarahnya .
C. Kegiatan Akhir :
Ø Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran sehingga dapat mengetahui asal usul serta perkembangan agama Hindu di Indonesia
Ø Guru mengadakan remidi bila perlu
Ø Guru memberi tugas PR
V. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Ø Buku Reprensi
Ø Diktat Agama Hindu
Ø Lingkungan sekitar
Ø Gambar
VI. Penilaian :
Ø Tes tertulis / tes lisan
( kognitif )
Ø Penilaian sikap ( afektif )
Ø Penugasan / produk
( Psikomotor )
VII. Lampiran Penilaian :
A. Lembar Soal : Tes Lisan / Tulis
1. Agama Hindu untuk pertama kalinya masuk ke Indonesia melalui jalur ?
2. Rsi yang pertama kali menyebarkan agama Hindu ke Bali adalah ?
3. Bukti sejarah Agama Hindu yang ditemukan di jawa berupa prasasti yaitu ?
4. Prasasti Tuk Mas ditemukan di ?
5. Di Sanur ditemukan Prasasti ..... sebagai bukti perkembangan Agama Hindu di Bali .
6. Sungai Gomati digali pada masa pemerintahan raja ?
7. .......................dst.
B. Penugasan / Produk / Proyek
1. Buatlah diskripsi perkembangan Agama Hindu di Indonesia , kemudian persentasikan ke depan kelas .
2. .......................dst.
Mengetahui
Kepala SDN 2 Sesaot Guru Agama Hindu
HJ SUDARMIN SEIAHATI I GEDE TIN PURNAWA S.Pd.H
Nip.195112311981122003 Nip. -
Nip.19701231 199102 1 009 Nip. –
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I. Identitas
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu
Kelas / Semester : VI / I
Pertemuan : .......X Pertemuan
Alokasi Waktu : .......X 35 Menit
Standar Kopetensi : Meyakini kemahakuasaan Sang Hyang Widhi sebagai
Cadhu Sakti
Kopetensi Dasar :
1. Menguraikan arti Cadhu Sakti
2. Menyebutkan bagian-bagian Cadhu Sakti
3. Menunjukkan contoh-contoh Kemahakuasaan Sang
Hyang Widhi sebagai Cadhu Sakti
Indikator :
Ø Menjelaskan pengertian dari Cadhu Sakti
Ø Menyebutkan bagian-bagian Cadhu Sakti
Ø Menyebutkan contoh kemahakuasaan Sang Hyang Widhi sebagai Cadhu Sakti
Tujuan Pembelajaran :
Ø Siswa mampu mengenal arti Cadhu Sakti
Ø Siswa mampu menyebutkan bagaian-bagian Cadhu Sakti
Ø Siswa mampu menunjukkan contoh-contoh kemahakuasaan Sang Hyang Widhi sebagai Cadhu Sakti
II. Materi Ajar :
Ø Pengertian Cadhu Sakti
Ø Bagian-bagain Cadhu Sakti
Ø Contoh-contoh Cadhu Sakti
III. Metode Pembelajaran :
Ø PAIKEM
Ø Penugasan
Ø Observasi
Ø CTL
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal :
Ø Guru mengucapkan salam panganjali Om Swastyastu , serta melakukan apersepsi dilanjutkan bertanya kepada siswa untuk mengantarkan ke materi
B. Kegiatan Inti :
Ø Siswa dengan bimbingan guru menyebutkan pengertian Cadhu Sakti . Cadhu Sakti yaitu empat sifat / guna dari Ida Sang Hyang Widhi .
Ø Siswa menyebutkan bagian-bagian Cadhu Sakti . Bagian-bagian Cadhu Sakti yaitu :
1. Wibhu Sakti yaitu Tuhan bersifat maha ada
2. Prabhu Sakti Yaitu Tuhan Maha Kuasa
3. Jnana Sakti yaiti Tuhan Maha Tahu
4. Krya Sakti yaitu Tuhan Maha karya
Ø Tuhan melafalkan bagian dari Cadhu Sakti
C. Kegiatan Akhir :
Ø Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran Cadhu Sakti
Ø Guru mengadakan remidi bila perlu
Ø Guru memberi tugas PR
V. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Ø Buku Reprensi
Ø Diktat Agama Hindu
Ø Lingkungan sekitar
Ø Gambar
VI. Penilaian :
Ø Tes tertulis / tes lisan
( kognitif )
Ø Penilaian sikap ( afektif )
Ø Penugasan / produk
( Psikomotor )
VII. Lampiran Penilaian :
A. Lembar Soal : Tes Lisan / Tulis
1. Sebutkan arti Cadhu Sakti ?
2. Sebutkan bagian-bagain Cadhu sakti ?
3. Sebutkan contoh-contoh kemahakuasaan Sang Hyang Widhi sebagai Cadhu Sakti ?
4. ....................dst.
B. Penugasan / Produk / Proyek
1. Buatlah gambar Swastika sebagai simbul / lambang agama Hindu dengan kertas gambar A 4 .
2. ....................DST.
Mengetahui
Kepala SDN 2 Sesaot Guru Agama Hindu
HJ SUDARMIN SEIAHATI I GEDE TIN PURNAWA S.Pd.H
Nip.195112311981122003 Nip. -
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I. Identitas
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu
Kelas / Semester : VI/ I
Pertemuan : .......X Pertemuan
Alokasi Waktu : .......X 35 Menit
Standar Kopetensi : Mengungkapkan perkembangan Agama Hindu setelah
kemerdekaan Indonesia
Kopetensi Dasar :
1. Menguraikan perkembangan Agama Hindu setelah
Kemerdekaan Indonesia
2. Menunjukkan hasil-hasil perkembangan yang
bernuansakan Agama Hindu setelah kemerdekaan
Indonesia
Indikator :
Ø Menjelaskan perkembangan Agama Hindu setelah kemerdekaan Indonesia
Ø Menunjukkan hasil-hasil pembangunan yang bernuansakan Agama Hindu setelah kemerdekaan
Tujuan Pembelajaran :
Ø Siswa mampu menguraikan perkembangan Agama Hindu setelah kemerdekaan
Ø Siswa mampu menunukkan hasil-hasil pembangunan yang bernuansakan Agama Hindu setelah kemerdekaan
II. Materi Ajar :
Ø Sejarah perkembangan Agama Hindu setelah kemerdekaan Indonesia
Ø Hasil-hasil pembangunan yang bernuansakan Agama Hindu setelah kemerdekaan Indonesia
III. Metode Pembelajaran :
Ø PAIKEM
Ø Penugasan
Ø Observasi
Ø CTL
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal :
Ø Guru mengucapkan salam panganjali Om Swastyastu , serta melakukan apersepsi dilanjutkan bertanya kepada siswa untuk mengantarkan ke materi
B. Kegiatan Inti :
Ø Guru menceritakan perkembangan Agama Hindu setelah kemerdekaan Indonesia
Ø Siswa menyimak cerita guru serta mencatat hal-hal yang di anggap perlu
Ø Siswa membuat rangkuman tentang perkembangan agama Hindu setelah kemerdekaan Indonesia
Ø Siswa menyebutkan hasil-hasil pembangunan yang bernuansa Agama Hindu setelah kemerdekaan Indonesia seperti berdirinya Departemen Agama , sekolah-sekolah yang bernuansa hindu dll .
C. Kegiatan Akhir :
Ø Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran sehingga dapat mengetahui perkembangan agama hindu setelah kemerdekaan Indonesia sampai sekarang .
Ø Guru mengadakan remidi bila perlu
Ø Guru memberi tugas PR
V. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Ø Buku Reprensi
Ø Diktat Agama Hindu
Ø Lingkungan sekitar
Ø Gambar
VI. Penilaian :
Ø Tes tertulis / tes lisan
( kognitif )
Ø Penilaian sikap ( afektif )
Ø Penugasan / produk
( Psikomotor )
VII. Lampiran Penilaian :
A. Lembar Soal : Tes Lisan / Tulis
1. Pada tahun berapa Agama Hindu diakui secara nasional ?
2. Pada tahun 1921 di Singaraja berdiri perkumpulan Hindu dengan nama ?
3. Pada tanggal berapa Pesamuan Agung 1 diadakam ?
4. Lembaga tinggi umat Hindu disebut ?
5. Sebutkan isi dari Pecampuhan Ubud ?
B. Penugasan / Produk / Proyek
1. Buatlah miniatur pura terdekat yang terdapat didaerah tempat kelahiranmu , dengan menggunakan bahan bebas sesuai pilihan ?
2. ..................dst.
Mengetahui
Kepala SDN 2 Sesaot Guru Agama Hindu
HJ SUDARMIN SEIAHATI I GEDE TIN PURNAWA S.Pd.H
Nip.195112311981122003 Nip. -
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I. Identitas
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu
Kelas / Semester : I / I
Pertemuan : .......X Pertemuan
Alokasi Waktu : .......X 35 Menit
Standar Kopetensi : Meyakini kemahakuasaan Sang Hyang Widhi sebagai
maha pencipta
Kopetensi Dasar :
1. Menunjukkan contoh-contoh ciptaan Sang Hyang
Widhi
2. Menyayangi ciptaan Sang Hyang Widhi
Indikator :
Ø Menyebutkan Sang Hyang Widhi sebagai pencipta alam
Ø Menunjukkan contoh mahluk hidup yang menjadi ciptaan Sang Hyang Widhi
Ø Menunjukkan contoh benda mati
Ø Menunjukkan perbedaan antara mahluk hidup dan benda mati
Ø Mengidentifikasi benda mati dan mahluk hidup
Ø Menyayangi ciptaan Sang Hyang Widhi
Ø Menyayangi binatang piaraan
Ø Menyayangi lingkungan alam (tumbuh-tumbuhan)
Ø Menyayangi sesama
Tujuan Pembelajaran :
Ø Siswa mampu menunjukkan contoh-contoh ciptaan Sang Hyang Widhi
Ø Siswa dapat menyayangi ciptaan Sang Hyang Widhi
II. Materi Ajar :
Ø Tuhan Sebagai pencipta
Ø Contoh-contoh mahluk hidup ciptaan Sang Hyang Widhi
Ø Contoh-contoh benda mati
Ø Perbedaan mahluk hidup dan benda mati
Tidak ada komentar:
Posting Komentar